Sunday, March 4, 2012

interelasi islam dan budaya jawa

di dalam makalah ini,  ASA Crew's mencoba membahas interelasi  dalam pengertian luas, yaitu tentang pengertian interelasi itu sendiri cakupan interelasi islam dan budaya jawa, dan keseimbangan antara kebudayaan jawa dengan islam,

ini sebagian kecil dari isi makalahnya


I.                 PENDAHULUAN
Agama adalah sesuatu yang datang dari Tuhan untuk menjadi pedoman bagi manusia dalam mencapai kesejahteraan dunia dan kebahagiaan ukhrawi. Adapun kebudayaan adalah semua produk aktivitas intelektual manusia untuk memperoleh kesejahteraan dan kebahagiaan hidup duniawi. Corak dan warna kebudayaan dipengaruhi oleh agama dan sebaliknya pemahaman agama dipengaruhi oleh tingkat kebudayaan.
Al Islam hanyalah satu, tetapi kebudayaan Islam tidaklah satu. Sedemikian banyak dan bervariasi sesuai dengan kondisi obyektif ruang dan waktu, sesuai dengan tempat dan masa para pencipta dan pengembang kebudayaan tersebut.[1]
Dalam kehidupan keagamaan, kecenderungan untuk memodifikasikan Islam dengan kebudayaan Jawa telah melahirkan berbagai macam produk baru terutama pada hasil interelasi nilai Jawa Islam dengan nilai kepercayaan dan ritual Jawa.
Dalam konteks Indonesia, kebudayaan Jawa merupakan salah satu kebudayaan lokal yang berpengaruh penting karena dimiliki sebagian besar etnik terbesar di Indonesia. Nilai-nilai Islam memiliki arti penting bagi kebudayaan Jawa karena mayoritas masyarakat Jawa beragama dan memeluk agama Islam. Dengan demikian hubungan nilai-nilai Islam dengan kebudayaan Jawa menjadi menarik karena keberadaan Islam dan kebudayaan Jawa yang cukup dominan pada bangsa Indonesia.





II.              RUMUSAN MASALAH
A.       Pengertian Interelasi
B.        Interelasi Nilai Jawa Islam Dalam Aspek Keagamaan
C.       Cakupan Interelasi Islam Dan Jawa
D.       Ajaran Keseimbangan: Nilai Jawa dan Islam


untuk lebih lengkapnya, klik disini

[1] M. Amin Rais, Islam di Indonesia, Suatu Ikhtiar Mengaca Diri, Jakarta: Rajawali, 1986, hlm. 92.

No comments:

Post a Comment