Friday, January 20, 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 Sekolah : PAI 5 D Mata pelajaran : Al-Qur’an-Hadist Kelas/semester : VII/Genap Standar kompetensi : Membaca al-Qur’an surat pendek pilihan Kompetensi dasar : 1. Menerapkan hukum bacaan Mad Lam dan Ra’ dalam al-Qur’an Surat al-‘Ashr dan al-Alaq 2. Menerapkan hukum bacaan Mad Lazim Mukhafaf harfi dan Mutsaqqol Harfi dalam al-Qur’an Alokasi waktu : 1x 15 menit Tujuan pembelajaran : • Siswa dapat menerapkan hukum bacaan Mad Lam dan Ra’ Materi pembelajaran : • Membaca surat pendek pilihan Metode pembelajaran • LISTENING TEAM (Tim Pendengar) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Kegitan pendahuluan • Salam pembuka berdo’a • Apersepsi Kegiatan inti • Guru menjelaskan sedikit tentang hukum bacaan Mad Lam dan Ra’ dalam al-Qur’an Surat al-‘Ashr dan at-Alaq • Peserta didik dibagi ke dalam empat kelompok. Setiap kelompok mempunyai peran dan tugas sendiri-sendiri. Kelompok 1 (sebagai kelompok penanya) bertugas membuat pertanyaan yang didasarkan pada materi yang tetlah disampaikan oleh guru. Kelompok 2 (sebagai kelompok setuju) bertugas menyatakan poin-poin mana yang disepakati dan menjelaskan alasannya. Kelompok 3 (sebagai kelompok tidak setuju) bertugas mengomentari poin mana yang tidak disetujui dan menjelaskan alasannya. Kelompok 4 (sebagai pembuat contoh) bertugas membuat contoh atau aplikasi materi yang baru disampaikan oleh guru • Guru menyampaikan materi pelajaran. Setelah selesai, kelompok-kelompok tersebut diberi waktu untuk melaksanakan tugas sesuai dengan ditetapkan. Tugas guru hanya memberi pengarahan agar empat kelompok tersebut mengemukakan tugasnya dengan baik. Selain itu, guru juga memberikan komentar jika ada pendapat kelompok yang menyimpang terlalu jauh dari materi pelajaran • Guru melakukan klarifikasi, kesimpulan dan tidak lanjut Kegitan penutup • Dengan panduan guru siswa merefleksi pelajaran yang telah dipelajari. • Siswa melafadzkan hamdalah sebagai do’a penutup pelajaran. • Kemudian guru mengucapkan salam yang dijawab oleh siswa. Sumber belajar • Latihan Uji Belajar “AMANAH” Penunjang Belajar Siswa Aktif Al-Qur’an-Hadits ( Suara Hidayatullah edisi 08/XX/Desember 2007) • Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits Alat peraga • Alat ( kertas ) • Komputer atau Laptop dan LCD (Microsoft Power Point) Penilaian Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen  Siswa dapat menjelaskan bacaan Mad Lam dan Ra’  Siswa dapat menerapkan hukum bacaan Mad Lazim Mukhafaf harfi dan Mutsaqqol Harfi dalam al-Qur’an Tes Lisan Tes Tulis Uraian Uraian  Jelaskan bacaan Mad Lam dan Ra’!  Jelaskan hukum bacaan Mad Lazim Mukhafaf harfi dan Mutsaqqol Harfi dalam al-Qur’an! Mengetahui Kepala Madrasah ........................................... NIP. .............. , ............................... Guru Bidang Studi Fiqih .......................................... NIP.

No comments:

Post a Comment